Faktor Penyebab Kehidupan yang Terasing

Faktor Penyebab Kehidupan yang Terasing - Seseorang dalam kehidupan terasing merupakan seseorang yang tidak mampu berinteraksi. Proses interaksi yang dimaksud, yakni mampu melakukan kontak dan komunikasi dengan orang lain.

Kehidupan terasing dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kehidupan terasing dapat dikarenakan seseorang sengaja dikucilkan dari hubungan dengan orang lain. Hal ini dapat memengaruhi perkembangan jiwa seseorang karena kepribadian seseorang salah satunya disebabkan pergaulan dengan orang lain. Misalnya, Anna seorang anak di Pensylvania. Ia dikucilkan untuk menutupi aib orangtuanya karena ia lahir dari hubungan gelap. Hampir lima puluh tahun seluruh hidupnya dihabiskan di sebuah kamar kecil di atas loteng. Anna menunjukkan sifat-sifat tidak lazim dengan orang seusianya; ia tidak dapat berjalan, tidak dapat berbicara, dan makan seperti manusia pada umumnya.

Contoh lain dari pengucilan yang mengakibatkan kehidupan seseorang menjadi terasing adalah mendapat hukuman kurungan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai persoalan yang umumnya masuk pada pelanggaran hukum yang berlaku baik pidana maupun perdata. Bahkan, bagi sebagian masyarakat ada yang menganggap bahwa orang yang dipenjara walaupun sudah keluar harus tetap dikucilkan atau dijauhi warga masyarakat.

Faktor Penyebab Kehidupan yang Terasing


Kehidupan terasing dapat pula disebabkan oleh cacat pada salah satu indranya. Misalnya, seseorang yang sejak lahir buta dan tuli. Dari beberapa hasil penelitian ternyata kepribadian dari orang cacat fisik tersebut mengalami banyak penderitaan sebagai akibat kehidupan terasing oleh keterbatasan indranya. Orang cacat tersebut akan mengalami perasaan rendah diri yang mungkin disebabkan oleh kesempatan mengembangkan dirinya terhalang dan bahkan tertutup sama sekali.



Sebelumnya mengenai Proses Interaksi Sosial ini dapat menambah pengetahuan anda


Terasingnya seseorang dapat disebabkan pengaruh perbedaan ras atau kebudayaan yang kemudian menimbul kan prasangka-prasangka. Misalnya, pada masyarakat berkasta, di mana gerak sosial vertikal hampir tidak terjadi, terasingnya seseorang dari kasta tertentu terhadap kasta lainnya. Keadaan tersebut menghalangi terjadinya interaksi sosial.

0 Response to "Faktor Penyebab Kehidupan yang Terasing"

Posting Komentar