Fungsi dan Peran Lembaga Keluarga

Fungsi dan Peran Lembaga Keluarga - Fungsi lembaga keluarga adalah sebagai pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh masing-masing anggota di dalam keluarga itu dan atau oleh keluarga itu. Fungsi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sebagai warga masyarakat.

Beberapa fungsi keluarga adalah : 
1. Fungsi reproduktif 
Suatu keluarga anak-anak merupakan wujud dari cinta kasih dan tanggung jawab suami istri untuk meneruskan keturunannya. 
2. Fungsi sosialisasi 
Peran orang tua sebagai teladan dalam keluarga sangat berperan dalam membentuk kepribadian anak agar sesuai dengan harapan orang tuanya dan berguna dalam masyarakat.
3. Fungsi ekonomi 
Orang tua mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhaan ekonomi dalam keluarga baik istri maupun anaknya. Seorang ibu harus mampu mengatur dan mengolah hasil kerja suami agar kebutuhaan ekonomi keluarga dapat terpenuhi, dengan skala prioritas. 
4. Fungsi afektif 
Suatu keluarga perlu kedamaian, kasih sayang, kehangatan dan kasih sayang antar anggota keluarga, karena hal tersebut merupakan kebutuhan manusia sebagai makluk bernalar dan mampu berfikir. Bila kasih sayang dan lainnya tersebut tidak diperoleh dalam keluarga, maka anak akan sulit dikendalikan bahkan bisa terjerumus ke penyimpangan sosial / kejahatan. 
5. Fungsi proteksi 
Proteksi adalah suatu perlindungan yang sangat diperlukan oleh anggota keluarga terutama anak, sehingga merasa aman bila berada diantara anggota keluaarga. Sehingga anak dan anggota keluarga merasa terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan baik dari anggota itu sendiri ataupun dari luar. 
6. Fungsi pengawasan sosial 
Semua anggota keluarga dalam satu keluarga biasanya saling melakukan control, atau pengawasan karena mereka merasa saling bertanggung jawab dan saling menjaga keharmonisan antara satu dengan yang lain. Nama baik keluarga biasanya dijadikan sebagai pertimbangannya. 
7. Fungsi pemberian status 
Melalui perkawinan seseorang akan memperoleh status jelas baik suami, istri atau anak. Sehingga seseorang dengan statusnya mempunyai kewajiban dan tanggung jawab sebagai anggota keluarga ataupun anggota masyarakat. 


Fungsi dan Peran Lembaga Keluarga


Peranan keluarga dan tugas keluarga merupakan tanggung jawab setiap orang di dalam masyarakat tidak terkecualikan. Semua peran dan tanggungjawab tidak dapat diwakilkan kepada orang lain, seperti peran ibu dalam keluarga, peran dan tugas ayah dalam keluarga. Hampir semua orang terhimpun dalam suatu lembaga terkecil ini (keluarga), sehingga masing-masing tentu mempunyai peran dan tugas sesuai dengan posisinya.

Namun pada pekerjaan pekerjaan tertentu misalnya bidang ekonomi, hampir semua anggota keluarga ikut membantunya baik langsung maupun tidak langsung. Misalnya dalam usaha perdagangan sering semua anggota keluarga terlibat, meskipun tanggung jawab utama terletak pada ayah atau ibu.

Dalam kehidupan sehari-hari masing-masing keluarga mempunyai kebijaksanaan berbeda antara keluarga satu dengan lainnya, namun dalam satu keluarga masing-masing anggota keluarga saling memahami peran dan tugas masing-masing. Sehingga setiap anggota keluarga menyesuaikan diri pada aturan dan tuntutan keluarga.

Tingkah laku pribadi seseorang akan lebih terlihat oleh sesama anggota keluarganya baik berupa kedisiplinan, ketaatan dan berbagai aktivitasnya. Sehingga keluarga berperan sebagai pengendali, pengatur tingkah laku anggotanya sehingga bisa diterima oleh masyarakat.

Sebelumnya mengenai Fungsi dan Tipe Tipe Lembaga Sosial dapat menambah pengetahuan anda


Peran keluarga adalah dasar pembantu utama dalam struktur sosial yang lebih luas. Karena keluarga adalah sebagai tempat pembentukan tingkah laku seseorang yang akan mewarnai tingkah laku masyarakat sekitarnya, termasuk dalam penerus tradisi / budaya dalam masyarakat. Peran tingkah laku yang dilakukan dalam suatu keluarga merupakan prototype dan contoh yang akan diikuti oleh keluarga lain, apalagi bila yang bertingkah laku adalah orang yang terpandang dalam masyarakat.

Kebudayaan yang berlaku di dalam masyarakat pada hakikatnya adalah adalah warisaan dari generasi sebelumnya, dimana keluarga berperan sebagai saluran penerus yang tetap melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan oleh orang tuanya. 

0 Response to "Fungsi dan Peran Lembaga Keluarga"

Posting Komentar