Rangkuman Proses Penelitian Sosial


Rangkuman Proses Penelitian Sosial




Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian yang mana data-data bersifat kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang berbentuk kata-kata, bukan data yang berbentuk angka-angka.

Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam proses penelitian yang mana data yang dipakai adalah data-data kuantitatif, yakni berbentuk angka-angka. Berkenaan dengan data kuantitatif tersebut, maka dalam proses pengolahan data selalu digunakan analisis statistik.

Subjek penelitian merupakan orang atau benda yang dijadikan sasaran dalam kegiatan penelitian. Jika masyarakat yang akan dijadikan subjek penelitian terlalu besar jumlahnya dan/atau terlalu luas wilayahnya, maka perlu ditentukan populasinya terlebih dahulu. Setelah populasi ditentukan, langkah selanjutnya adalah memilih sampel.

Menurut Sapari Imam Asyari, data merupakan fakta-fakta atau keterangan-keterangan (informasi) yang digunakan sebagai sumber atau bahan untuk menemukan kesimpulan atau membuat keputusan-keputusan.

Dalam menjalankan sebuah penelitian, diperlukan sebuah teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data ini dapat dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan lain sebagainya.

Data yang terjaring melalui angket, kuesioner, observasi, studi dokumentasi, kajian pustaka, dan sebagainya merupakan bahan mentah yang memerlukan pengolahan dan analisis.

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam proses pengolahan data adalah: (1) mengedit (editing) dan memberikan kode (coding), (2) meringkas dan membuat tabel-tabel (tabulasi), (3) melakukan analisis data, dan (4) membuat kesimpulan.

0 Response to "Rangkuman Proses Penelitian Sosial "

Posting Komentar