Cara Penulisan Laporan Penelitian

Rangkuman Cara Penulisan Laporan Penelitian


Hasil penelitian harus dapat dikomunikasikan, diketahui, dan dinilai oleh masyarakat yang berkepentingan. Dengan demikian, kegiatan penelitian belum dapat dikatakan selesai sebelum laporan penelitian disusun.

Laporan penelitian berfungsi sebagai mediator agar hasil penelitian dapat diterima oleh mereka yang berkepentingan dengan hasil sebuah penelitian, maka laporan penelitian harus dibuat secara jelas dan komunikatif. Dengan demikian, dalam penulisan laporan hasil penelitian terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan, yaitu: (1) siapakah pihak yang akan membaca laporan penelitian tersebut, apakah untuk kalangan ilmuwan, untuk kalangan masyarakat awam, atau untuk kalangan birokrat, (2) laporan harus disusun secara sistematis sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditempuh dalam proses penelitian sehingga para pembaca akan mudah mengerti dan memahami laporan penelitian tersebut, dan (3) laporan penelitian harus jelas dan meyakinkan mengingat keberadaannya merupakan unsur terpenting bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ada beberapa format atau sistematika penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Dalam hal ini Burroghs menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan format penelitian, yaitu: (1) pembaca dapat memahami secara mudah apa yang telah dilakukan oleh peneliti, termasuk di dalamnya tujuan dan hasil penelitian, dan (2) laporan penelitian harus mencantumkan langkah dan metode secara jelas sehingga pembaca dapat mengulangi proses penelitian apabila pembaca menghendaki.

0 Response to "Cara Penulisan Laporan Penelitian"

Posting Komentar