Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli - Lembaga sosial (dikenal juga sebagai lembaga masyarakat) merupakan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan kegiatan manusia, terutama hubungan antar manusia ketika mereka menjalani kehidupan bermasyarakat, dengan tujuan untuk mendapatkan keteraturan dan keharmonisan dalam kehidupannya. Istilah lembaga sosial adalah dari social institution (dalam bahasa Inggris) merupakan perlakuan mengatur perilaku para anggota masyarakat, namun social institution juga diterjemahkan sebagai pranata sosial. Pranata sosial merupakan sistem tata kelakukan dan hubungan pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan masyarakat.


Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli



Lembaga sosial terbentuk dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan dalam kehidupan bersama dan bermasyarakat. Dengan adanya lembaga sosial dimaksudkan agar dalam melakukan hubungan antara manusia dengan manusia lain, manusia dengan kelompok bahkan antara kelompok dengan kelompok lain dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Menurut Koentjaraningrat Lembaga sosial merupakan satuan norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Norma mencakup gagasan, aturan, tata cara, kegiatan dan ketentuan sanksi (reward and punishment system). Sistem norma itu merupakan hasil proses yang cukup panjang, lama dan berangsur-angsur menjadi suatu sistem yang terorganisasi dengan baik dan teruji kredibilitasnya.


Untuk lebih memperjelas tentang lembaga sosial, berikut ini beberapa definisi menurut para sosiolog dan antropolog, sebagai berikut: 

1. Paul B Horton dan Chester L. Hunt. 
Lembaga sosial merupakan system untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting, atau sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan pada kegiatan pokok manausia. 

2. Bruce J. Cohen. 
Lembaga sosial merupakan sistem pola sosial yang tersusun rapi dan secara berkala relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku tertentu yang kokoh. 

3. W.G. Sumner 
Lembaga sosial merupakan perpolaan fungsional dari pola kebudayaan yang meliputi perbuatan, cita-cita, sikap dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sifat kekal dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

4. Leopod Von Wiese dan Howard Becker 
Lembaga sosial merupakan jaringan dari pada proses-proses hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia yang berfungsi untuk memelihara hubungan-hubungan tersebut. 

5. Robert Macler dan Charles H Page. 
Lembaga sosial adalan tata cara atau prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang berkelompok dalam suatu kelompok masyarakat yang dinamakan asosiasi. 

6. Koentjaraningrat 
Lembaga sosial merupakan suatu sistem norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan manusia dalam kehidupan masyarakat. 

7. Soerjono Soekanto 
Lembaga sosial merupakan himpunan norma-norma segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat. 



Atas dasar definisi tersebut pengertian lembaga merupakan suatu bentuk, yang mengandung hal yang abstrak yaitu adanya norma-noema dan peraturan peraturan tertentu yang menjadi cirri lembaga tersebut. Lembaga sosial mengandung norma masyarakat yang mengatur pergaulan hidup agar terjadi keharmonisan dan ketertiban dalam kehidupan, terutama jalannya lembaga tersebut. 
Norma norma dalam masyarakat dalam perkembangannya akan mengelompok pada berbagai keperluan pokok.


Pengelompokan tersebut Soejono Soekanto mencontohkan: 
1. Kebutuhan hidup kekerabatan menimbulkan lembaga keluarga batih, pelamaran, penceraian; 
2. Kebutuhan akan mata pencaharian menimbulkan lembaga pertanian, peternakan, koperasi, industri; 
3. Kebutuhan pendidikan menimbulkan pondok pesantren, sekolah dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi; 
4. Kebutuhan rasa keindahan menimbulkan kesusasteraan, seni rupa, seni suara ; 
5. Kebutuhan jasmani menimbulkan olah raga, kecantikan, kebugaran, kedokteran.

Lembaga sosial berada pada setiap kehidupan masyarakat baik pada tahapan manusia berbudaya bersahaja sampai dengan masyarakat modern.

0 Response to "Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli"

Posting Komentar