Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian

Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian - Setelah peneliti selesai melakukan coding, langkah selanjutnya adalah melakukan tabulasi.Tabulasi merupakan suatu proses pembuatan tabel-tabel sesuai dengan analisis yangdibutuhkan. Untuk memudahkan dalam proses tabulasi, peneliti perlu membuat ringkasanterlebih dahulu untuk menghimpun semua data. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untukmemudahkan peneliti dalam melakukan proses analisis data.

Adapun format ringkasan terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris. Kolom pertamayang terletak pada bagian paling kiri digunakan untuk nomor urut atau kode responden.Sedangkan kolom kedua dan seterusnya digunakan untuk variabel-variabel yang terdapatdi dalam kuesioner. Baris-baris digunakan untuk menuliskan seluruh responden. Baris pertamauntuk responden pertama, baris kedua untuk responden kedua, dan seterusnya.

Setelah semua data diringkas, langkah selanjutnya adalah membuat tabel-tabel untukkegiatan analisis.

Tabulasi tersebut dapat dilakukan melalui dua cara, yakni: (1) tabulasilangsung, dan (2) tabulasi kode (sheet code). Dalam tabulasi langsung data langsung ditabulasidari kuesioner ke dalam tabel yang sudah dipersiapkan tanpa perantara lainnya. Tabulasilangsung dilakukan untuk data yang jumlah responden dan variabelnya sangat sedikit.Proses tabulasi data secara langsung ini lazimnya dikerjakan dengan sistem tally denganmemberi tanda garis (tally). Perhatikan contoh berikut ini!

Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian


Sedangkan tabulasi dengan menggunakan lembaran kode dapat dilakukan denganmenggunakan komputer. Proses tabulasi seperti ini dilakukan terhadap responden dan variabeldata yang sangat banyak.Tabulasi data ke dalam tabel dapat dilakukan dengan membuat tabel frekuensi\// maupuntabel silang. Tabulasi data ke dalam tabel frekuensi dilakukan sebelum analisis data.Tabel frekuensi disusun untuk semua variabel penelitian yang disusun tersendiri. Tabeltabeltersebut dijadikan bahan dasar dalam proses analisis. Perhatikan contoh berikut ini!

Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian 1


Tabel silang dibuat dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antarvariabel dandisusun berdasarkan variabel yang memiliki hubungan tertentu satu sama lain. Misalnya:hubungan jenis kelamin dengan tingkat partisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler, dansebagainya. Distribusi persentasi digunakan sebagai dasar untuk menyimpulkan hubunganantara variabel-variabel penelitian. Dalam pembuatan tabel biasanya variabel bebas disusunsebagai kolom, sedangkan variabel terikat disusun sebagai baris. Hal ini dilakukan untukmemudahkan dalam membaca tabel. Perhatikan contoh berikut!

Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian 2


Tabel-tabel di atas disusun berdasarkan hasil tabulasi yang menggunakan tabel-tabelpembantu yang menggunakan tally sesuai dengan data yang telah dikumpulkan. Agar tidakterjadi kesalahan, tentu saja diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam menyusun tabulasitersebut. Proses tabulasi akan semakin mudah dan cepat jika didukung oleh sarana komputer.




Sekian mengenai Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian"

Posting Komentar