Perilaku Masyarakat Sebagai Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya

Perilaku Masyarakat Sebagai Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya – Adalah Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai orang-orang yang sukses karena bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Anak-anak sekolah dalam belajar sudah memanfaatkan media internet untuk mencari materi pelajaran ataupun soalsoal yang membantu dalam proses belajarnya.

Bagaimanakah seharusnya kita dalam menyikapi perubahan sosial dan kebudayaan? Nah marilah kita pelajari bab ini agar kita dapat bijak dalam menyikapi modernisasi dewasa ini.

Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat dapat menimbulkan ketidak seimbangan atau ketidak selarasan di antara unsur-unsur sosial dan budaya dalam masyarakat.

Ketidakserasian ini terjadi karena:
1. Perubahan suatu unsur sosial budaya tidak dapat diikuti penyesuaian oleh unsur-unsur sosial dan budaya yang lain.
2. Laju perubahan di antara unsur-unsur sosial budaya tidak selalu seimbang antara satu dan yang lain. Ada unsur yang berubah dengan cepat, tetapi ada unsur-unsur yang berubah dengan laju yang lambat. Keadaan yang demikian dinamakan cultural lag (ketimpangan budaya)
3. Adanya perubahan sosial budaya yang berlangsung yang menimbulkan keterkejutan di kalanganmasyarakat. Keterkejutan akan adanya perubahan sosial budaya yang cepat ini dinamakan cultural shock.

Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat dari adanya perubahan sosial budaya,misalnya dengan adanya urbanisasi. Urbanisasi bagi kota yang didatangi berakibat pada penduduk kota bertambah, jumlah tenaga kerja bertambah, persaingan kerja semakin ketat, kepadatan pendudukmeningkat, memunculkan daerah-daerah kumuh, dan timbul masalah sosial baru seperti meningkatnya kriminalitas. Bagi desa yang ditinggalkan akan berakibat penduduk di desa makin berkurang dan desa kekurangan tenaga kerja.



Perilaku Masyarakat Sebagai Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya



Modernisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua bidang kehidupan masyarakat. Aspek yang paling menonjol dalam modernisasi adalah perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tinggi. Contohnya pada perkembangan teknologi pertanian, dari pekerjaan di sawah dengan menggunakan hewan dan manusia diganti dengan tenaga mesin

Modernisasi pada satu sisi bersifat progress, sedangkan pada sisi yang lain bersifat regress. Penggunaan tenaga mesin pada beberapa pekerjaan berguna untuk menghemat biaya danwaktu, tapimengurangi jumlah tenaga kerja manusia.


Sekian mengenai Perilaku Masyarakat Sebagai Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Perilaku Masyarakat Sebagai Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya"

Posting Komentar