Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Budaya

Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Budaya - di Masyarakat adalah Perubahan sosial budaya membawa akibat baik positif maupun negatif di tengah masyarakat. Dampak positif perubahan sosial budaya tercermin dari perilaku positif masyarakat menghadapi perubahan sosial budaya tersebut. Sebaliknya, dampak negatif perubahan sosial budaya akanmempengaruhi perilaku masyarakat menjadi negatif.

Perilaku positif dan perilaku negatif sebagai akibat perubahan sosial budaya tercermin dari pola pikirmasyarakat, gaya hidup, moralitasmasyarakat dan juga tingkat pengetahuan masyarakat.



Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya


a. Kemajuan Ilmu Pengetahuan
Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi didorong oleh perubahan sikap mental masyarakat dalam menerima perubahan sosial budaya. Penemuan penemuan baru yang sudah diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Misalnya, dulu orang menyimpan data dari komputer dengan disket atau CD yang bentuknya agak besar.

Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Budaya


Sekarang sudah ada flashdisk yang relatif kecil sehinggamudah dibawa kemana-mana. Dulu orang bekerja dengan komputer harus berdiam diri di suatu tempat karena memang bentuknya besar dan tidak mudah dibawa kemana-mana. Dengan adanya laptop atau notebook, kita bisa bekerja dimana saja dan kapan saja karena bentuknya yang ramping dan mudah dibawa kemana-mana.

b. Kebutuhan Mudah Terpenuhi
Dengan adanya perubahan sosial budaya, kebutuhan masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau dan sulit terpenuhi, sekarang menjadi lebih mudah. Sebagai contoh: kebutuhan akan informasi, pada masa dulu orang mendapatkan informasi atau berita dari membaca majalah atau surat kabar yang waktunya tertentu.

Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya


c. Pola Pikir yang Lebih Maju
Perubahan sosial budaya jika disikapi dengan positif akan bisa mengubah pola pikir yang sebelumnya tradisonal, primitifmenjadi pola pikir yang lebihmaju. Kalau denganmemakaimesin traktor, pengolahan tanah bisa lebih cepat, hasilnya lebih banyak, daripada memilih alat bajak tradisional yang ditarik sapi.



Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya


a. Dekadensi Moral
Dekadensi moral adalah menurun atau merosotnya moral seseorang yang ditunjukkan dari perilakunya yang bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Biasanya perilaku orang tersebut merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Beberapa contoh yang termasuk dekadensi moral adalah perilaku pergaulan bebas dikalangan remaja maupun orang tua, prostitusi, perselingkuhan dan lain-lain.

Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya


b. Kriminalitas
Donald R. Gressey berpendapat bahwa kriminalitas adalah suatu kondisi dan proses sosial yang menghasilkan perilaku lain. Kriminalitas merupakan tindakan yang melanggar norma hukum dan menyakitkan orang lain secara langsung. Beberapa contoh yang termasuk tindak kriminalitas antara lain korupsi, pencurian, penodongan, pemerkosaan dan pembunuhan.

c. Aksi Protes dan Demonstrasi
Demonstrasi adalah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Demonstrasi biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau menentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak.Aksi protes merupakan gerakan atau tindakan yang dilakukan secara perorangan atau untukmenyampaikan pernyataan tidak setuju yang oleh sebagian besar orang dilancarkanmelalui kecaman yang pedas.

d. Konsumerisme
Konsumerisme adalah pandangan yang diikuti dengan tindakan atau perbuatan penggunaan barang secara berlebihan. Pembelian barangbarang yang bukan kebutuhan pokok dan sifatnya hanya tersier jika dilakukan secara berlebihan dikategorikan konsumerisme.

e . Pergolakan Daerah
Pergolakan daerah merupakan pertentangan di daerah tertentu yang bertujuan untuk memperjuangkan atau memperebutkan kepentingan tertentu yang mengabaikan tatanan atau norma dan nilai yang sudah mapan dalam masyarakat.

Kepentingan tertentu di sini bisa berupa kepentingan kekuasaan, kepentingan ekonomi, kepentingan yang berlatar belakang suku, ataupun agama.

Pergolakan di daerah ada juga yang bertujuan positif. Banyak daerah-daerah terpencil di Indonesia yang bisa dikatakan terbelakang, walaupun sebenarnya kaya akan sumber daya alam melakukan koreksi terhadap pemerintah akibat daerahnya belum tersentuh pembangunan dengan merata. Mereka menuntut hak-hak yang sepatutnya mereka terima. 



Sekian mengenai Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Budaya, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Budaya"

Posting Komentar