Tipe Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan Sosial Budaya

Tipe Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan Sosial Budaya – Adalah Ada beberapa hal yang dilakukan masyarakat dalam menyikapi pengaruh perubahan sosial budaya. Sikap-sikap tersebut adalah sebagai berikut.


1. Bersikap Selektif DalamMenerima Pengaruh Budaya Lain.
Perubahan sosial budaya akan terus berlangsung di tengah masyarakat. Penemuan-penemuan baru juga akan tetap ada. Setiap terjadi perubahan sosial budaya, akan membawa pengaruh bagi kehidupan kita, apakah itu perilaku kita, gaya hidup kita ataupun pola hidup kita. Kemajuan di bidang teknologi informasimembawa konsekwensi bagi kita untuk pandai-pandaimenyikapinya. Dengan demikian kita harus bersikap selektif.


2. Berpikir yang IlmiahTerhadap Perubahan.
Kebutuhan manusia terus meningkat setiap saat, perkembangan teknologi pun semakin canggih dewasa ini. Kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi itu, jangan kita yang menjadi korban dari kecanggihan teknologi.

Kelengkapan bahan bakar minyak, dan meningkatnya harga bahan bakar minyak dunia mendorong berbagai elemen masyarakat untuk melakukan penelitianpenelitian ilmiah guna menemukan sumber energi baru. Penggunaan energi matahari dan juga biogas merupakan salah satu hasil dari pemikiran-pemikiran inovatif dalammengatasi kelangkaan bahan bakar minyak.

Tipe Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan Sosial Budaya


3. Mendorong Perubahan Tersebut ke arah yang Lebih Baik
Berbagai perubahan yang terjadi dalammasyarakatmemang tidak semuanya positif. Banyak kejahatan timbul akibat berkembangnya teknologimaju. Informasi tentang pencurian, korupsi, bahkan penipuan-penipuan perbankkan sering kita dengar lewat berbagai media. Tentu kejahatan yang satu ini memanfaatkan teknologi komputer yang canggih dan tidak sembarang orang bisamelakukannya. Dalam permasalahan ini tentu yang salah bukan teknologinya, tetapi orang yang menggunakan teknologi tersebut. Oleh karena itu masyarakat harus tetap mendorong dan mengawasi setiap dampak dari perubahan sosial budaya.

Salah satu kemajuan teknologi di dunia pendidikan kita saat ini adalah pemakaian internet untuk berbagai keperluan, seperti penerimaan siswa baru secara online, buku sekolah elektronik, konsultasi kegiatan sekolah dengan email dan penerapan programaplikasi sekolah. Kegiatan yangmenggunakan teknologi internet ini sungguh sangatmembantu masyarakat, namun di sisi lain ada bahaya yangmengancamjika penggunaan teknologi ini disalahgunakan. Oleh karena itu pemerintah mendorong kemajuan pemakaian teknologi internet ini dengan juga melindungi masyarakat secara luas dengan cara pemblokiran situs-situs porno yang berbahaya khususnya bagi kaum pelajar dan masyarakat pada umumnya.



4. Menerima Perubahan yangMengarah Pada Peningkatan Taraf Hidup dan KesejahteraanUmat Manusia.
Perubahan sosial budaya yang membawa dampak positif seperti mudah terpenuhinya kebutuhan, taraf hidup meningkat, masyarakat menjadi semakin lebih sejahtera, cenderung diterima oleh masyarakat bangsa manapun termasuk kita sebagai bangsa Indonesia. Perubahan dalam peralatan hidup, peralatan transportasi, peralatan komunikasi, dan peralatan lain yang dibutuhkanmanusia yang sifatnya mempermudah kerja, meningkatkan kesejahteraan akan diterimamasyarakat.

Sebagai contoh, penggunaanmesin traktor pada pertanian diterima baik oleh kaumpetani karenamempercepat kerja mereka dalammengolah lahan pertanian. Demikian pula pembangunan waduk-waduk sebagai sumber irigasi. Pada awalnya pembuatan waduk waduk ini ditentang masyarakat karena merasa hak tanahnya dirampas, namun setelahmemahami danmerasakan fungsinya sebagai sarana irigasi dan juga sumber listrikmereka mau menerima. Mereka rela untuk pindah dari lokasi pembuatan waduk ke tempat lain guna keperluan yang lebih besar yakni terbangunnya sarana irigasi dan juga pembangkit listrik yang nantinya bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini terjadi pada masyarakat Wonogiri pada saat pembangunan Waduk Gajah Mungkur.



Sekian mengenai Tipe Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan Sosial Budaya, semoga ini dapat bermanfaat

0 Response to "Tipe Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan Sosial Budaya"

Posting Komentar