Rangkuman Nilai dan Norma Sosial

Rangkuman Nilai dan Norma Sosial



Gelombang modernisasi datang ke Indonesia bagaikan kabut asap yang menyebar ke segala arah dan tidak dapat dibendung. Modernisasi sebagai proses sosial ini memberikan banyak perubahan dalam sistem masyarakat. Salah satu bentuk perubahan nampak dari pola tingkah laku masyarakat yang mencoba mengadap-tasi setiap nilai modernisasi. Kadangkala proses adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat ini tidak berlangsung dengan baik, sehingga merubah nilai serta identitas masyarakat yang tidak diharapkan.

Dalam tayangan televisi, hampir setiap hari bahkan setiap jam kita dapat menyaksikan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan masyarakat ataupun perorangan. Penyimpangan-penyimpangan tersebut terjadi sebagai wujud dari ketidaksesuaian dan ketimpangan nilai-nilai dan norma-norma sosial di masyarakat sekarang.

Diberitakan di sebuah TV swasta, sekarang sedang marak tawuran antar mahasiswa di lingkungan kampus sendiri. Pergaulan bebas mulai merambah anak-anak usia sekolah dimana mereka terlibat dalam penggunaan obat-obat terlarang bahkan sex. Nilai kebebasan individu yang mereka anut sebagai lambang dari budaya masyarakat modern menyebabkan perubahan prilaku mereka tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi identitas dirinya sebagai masyarakat Indonesia.

Negara Amerika adalah contoh kehidupan masyarakat yang menjunjung kebebasan individu, kebebasan individu yang banyak dianut oleh bangsa-bangsa Barat menjadi nilai sosial dan identitas bagi masyarakatnya. Kebebasan Individu bagi bangsa Barat merupakan suatu yang penting dan dibutuhkan oleh setiap individunya.

Rangkuman Nilai dan Norma Sosial


Tentunya hal tersebut akan berbeda kondisinya dengan masyarakat Indonesia yang banyak taat terhadap adat dan budaya. Tuhan Yang Maha Esa menciptakan manusia di muka bumi ini berbeda-beda. Masing-masing suku bangsa/masyarakat menganut akan nilai dan norma sosial yang berbeda-beda. Kenapa terjadi perbedaan nilai dan norma sosial? Karena nilai dan norma tersebut bersumber dari masyarakat itu sendiri dan akan menjadi identitas tersendiri bagi masyarakat.

Menarik bukan? Jika kita membicarakan tentang nilai dan norma sosial yang ada di masyarakat. Berkaitan dengan nilai dan norma sosial, kita akan mengkaji masyarakat sebagai sebuah sistem nilai dan norma sosial. Maka bab kajian ini kita akan kita pelajari adalah:
a) Pengertian tentang nilai, Nilai sosial, Ciri-ciri nilai sosial serta kasuskasus pelanggaran nilai sosial,
b) Pengertian norma sosial, Daya ikat norma dan peranan norma dalam kehidupan sehari-hari . Untuk dapat pemahaman yang baik pada materi ini, ada kata-kata yang penting yang erat kaitannya dengan nilai dan norma sosial yaitu: nilai, sistem nilai, norma dan sanksi.

1. Nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas, yang berharga, yang mempengaruhi prilaku sosial orang yang memiliki nilai itu.

2. Dalam pengertian sosiologis nilai yang difahami adalah ukuran penting dalam kehidupan manusia sebagai tuntunan pola prilaku setiap manusia di masyarakat. Nilai diyakini sebagai sesuatu yang dianggap benar dan baik, dan nilai juga menjadi batasan pembeda antara yang baik dan yang buruk, yang benar dan salah atau yang pantas dan tidak pantas.

3. Setiap masyarakat memiliki nilai sosial sebagai ciri identitas masyarakat tersebut. Nilai tersebut dianut, diyakini kebenaran serta dijunjung tinggi keberadaannya. Dalam pandangan sosiologi, nilai dianggap sebagai bagian dari sistem sosial masyarakat.

4. Nilai memegang peranan penting dalam setiap kehidupan manusia, karena nilai menjadi orientasi dalam setiap tindakan manusia. Nilai-nilai tersebut menjadi prinsip yang berlaku di suatu masyarakat tentang apa yang baik, benar dan berharga yang seharusnya dimiliki dan dicapai oleh masyarakat. Fungsi nilai sosial secara luas yaitu memberikan ketentraman kepada seluruh anggota masyarakat agar dapat bertingkah laku sesuai dengan yang aturan yang diyakini oleh masyarakat guna mencapai tujuan bersama di masyarakat.

5. Norma sosial lahir di masyarakat awalnya secara tidak sengaja, namun lama kelamaan norma dibuat secara sadar oleh manusia. Norma merupakan kaidah atau aturan yang mengatur tata kelakukan masyarakat. Norma sangat berkaitan dengan nilai, kerena norma adalah bentuk nyata dari nilai. Norma merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh nilai.

6. Sebagaimana nilai yang memberikan fungsi penting bagi masyarakat, maka norma pun memiliki peranan yang sama dengan nilai. Nilai dan norma saling berkaitan namun keduanya dapat dibedakan. Nilai merupakan sesuatu yang dianggap baik, diinginkan, dicita-citakan dan dianggap penting oleh masyarakat, maka norma merupakan kaidah atau aturan berbuat dan berkelakuan yang dibenarkan untuk mewujudkan cita-cita itu. Nilai merupakan pola kelakukan yang diinginkan, dan norma sebagai cara-cara kelakukan sosial yang disetujui untuk mencapai nilai tersebut.

0 Response to "Rangkuman Nilai dan Norma Sosial"

Posting Komentar