Pengertian Pengertian Stratifikasi Sosial

Pengertian Pengertian Stratifikasi Sosial - Manusia diciptakan Allah mempunyai kesamaan dalam hal kesempatan, status dan derajat, namun dalam kenyataan di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat perbedaan perbedaan, timbulnya perbedaan karena adanya penghargaan atas individu dalam kelompoknya. Biasanya perbedaan penghargaan tersebut berdasarkan atas kesuksesan atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang seperti kekayaan, kekuasaan, keturunan, pendidikan, prestasi, keahlian, ketrampilan, ketokohan dan lain sebagainya.

Contohnya, dari segi kekayaan, orang yang memiliki materi berlimpah lebih dihargai dari pada orang yang hanya memiliki materi pas-pasan atau justru kekurangan. Di dalam suatu masyarakat selalu diketemukan adanya perbedaan-perbedaan tersebut baik secara individu, maupun individu dalam kelompok kelompok. Dalam perkembangannya perbedaan-perbedaan tersebut membentuk suatu hierarki seolah-olah ada perlapisan- perlapisan. Perlapisan tersebut disebut dengan istilah stratifikasi sosial.

Apa sebenarnya stratifikasi sosial itu ? 



Dalam kehidupan bermasyarakat dijumpai individu-individu yang termasuk golongan kaya, sedang, dan miskin. Penggolongan tersebut menunjukkan bahwa di dalam masyarakat tersebut terdapat tingkatan-tingkatan yang membedakan antara individu yang satu dengan individu yang lain. Tingkatan-tingkatan tersebut mencerminkan adanya tatanan perlapisan (ranking) antara individu satu dengan individu lain dalam kelompoknya. Dalam sosiologi, pengelompokan masyarakat berdasarkan tingkatan-tingkatan tertentu itu disebut dengan stratifikasi sosial.

Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial secara umum dapat diartikan sebagai pembedaan atau pengelompokan anggota masyarakat secara vertikal. Zaman Yunani Kuno, Aristoteles (384–322 SM) telah menyatakan bahwa di dalam tiap-tiap negara selalu terdapat tiga unsur, yaitu mereka yang kaya sekali (berkecukupan), mereka yang berada di tengah-tengahnya, mereka yang melarat atau kekurangan. 




Pendapat beberapa ahli tentang definisi stratifikasi sosial, adalah sebagai berikut : 
1. Pitirim A. Sorokin: 
Stratifikasi sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). 

2. P.J. Bouman. 
Stratifikasi sosial adalah golongan manusia dengan ditandai suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa yang tertentu dan karena itu. 
menuntut gengsi kemasyarakatan. 

3. Soerjono Soekanto. 
Stratifikasi sosial adalah pembedaan posisi seseorang atau kelompok dalam kedudukan yang berbeda-beda secara vertikal. 

4. Bruce J. Cohen. 
Stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai. 

5. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt. 
Stratifikasi sosial adalah sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat. 

6. Aristoteles. 
Pada jaman kuno di dalam setiap negara terdapat tiga unsur, yaitu mereka yang kaya sekali, mereka yang melarat dan mereka yang berada di tengah-tengahnya. 

7. Adam Smith. 
Masyarakat di bagi menjadi tiga, yaitu orang-orang yang hidup dari penyewaan tanah, orang-orang yang hidup dari upah kerja, dan orang-orang yang hidup dari keuntungan perdagangan. 

8. Thorstein Veblen. 
Membagi masyarakat dalam dua golongan yaitu golongan pekerja yang berjuang mempertahankan hidup dan golongan yang banyak mempunyai waktu luang karena kekayaannya. 

9. Prof. Selo Soemardjan. 
Pelapisan sosial akan selalu ada selama dalam masyarakat terdapat sesuatu yang dihargai. 

10. Robert M.Z. Lawang. 
Pelapisan sosial merupakan penggolongan orang-orang dalam suatu sistem sosial tertentu secara hierarkhis menurut dimensi kekuasaan, privelese, dan prestise. 

11. Astried S Susanto. 
Menyatakan bahwa stratifikasi sosial adalah hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang secara vertical maupun mendatar dalam masyarakatnya.



Berdasarkan beberapa definisi tersebut dapat dikatakan bahwa, perwujudan stratifikasi sosial adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat. Setiap lapisan itu disebut dengan strata sosial. Ditambahkan bahwa stratifikasi sosial merupakan ciri yang tetap pada setiap kelompok sosial yang teratur. Lapisan lapisan di dalam masyarakat memang tidak jelas batas batasnya, tetapi tampak bahwa setiap lapisan akan terdiri atas individu-individu yang mempunyai tingkatan atau strata sosial yang secara relatif adalah sama.

Perwujudan perlapisan di dalam masyarakat dikenal dengan istilah kelas sosial, yaitu kelas sosial tinggi (upper class), kelas sosial tinggi biasanya para pejabat, penguasa, pengusaha; kelas sosial menengah (middle class), sedangkan kelas sosial menengah biasanya kaum intelektual, seperti : dosen, guru, peneliti, mahasiswa, pegawai negeri, pengusaha kecil/menengah; kelas sosial rendah (lower class). kelas sosial rendah merupakan kelompok terbesar dalam masyarakat seperti, buruh, petani, pedagang kecil.

Pengertian Pengertian Stratifikasi Sosial


0 Response to "Pengertian Pengertian Stratifikasi Sosial"

Posting Komentar