Rangkuman Materi Bentuk dan Proses Interaksi Sosial



Dalam kehidupan masyarakat pasti terjadi interaksi. Interaksi merupakan faktor dominan dalam pembentukan kepribadian seseorang seperti yang telah kamu pelajari pada bab yang lalu.

Interaksi sosial terjadi karena manusia saling membutuhkan sehingga terwujud kerja sama. Apakah dalam kehidupan masyarakat hanya terjadi interaksi yang mengarah pada bentuk kerja sama saja? Kemudian, apa bentuk-bentuk interaksi sosial yang lainnya? Untuk memahaminya lebih lanjut, perhatikan bagan berikut.

Rangkuman Materi Bentuk dan Proses Interaksi Sosial


Sebelum mempelajari materi Bentuk dan Proses Iinteraksi Sosial lebih dalam, perhatikan peta konsep berikut. Peta konsep akan memberikan gambaran secara umum tentang materi yang akan dipelajari dan mempermudah kamu memahami interaksi dalam kehidupan sehari-hari.



Ikhtisar
Interaksi sosial asosiatif memiliki beragam bentuk, di antaranya kerja sama, akomodasi, dan asimilasi. Kerja sama merupakan perwujudan minat dan perhatian orang untuk bersama-sama dalam suatu kesepakatan, sekalipun motifnya tertuju pada kepentingan sendiri. Akomodasi merupa kan suatu proses ke arah tercapainya kesepakatan sementara antara pihak yang bersengketa. Asimilasi merupakan proses lebih lanjut dari akomodasi.

Interaksi sosial disosiatif memiliki beragam bentuk, di antaranya persaingan, kontravensi, dan konfl ik. Ketiga bentuk interaksi sosial disosiatif tersebut memiliki kemiripan antara satu dan lainnya.

Imitasi merupakan proses sosial berupa perbuatan meniru tindakan atau perilaku orang lain yang didasari pada nilai, norma, dan ilmu pengetahuan yang dianggap benar atau layak untuk dicontoh bagi dirinya.

Sugesti memiliki pengertian sama dengan imitasi. Akan tetapi, dalam sugesti pihak yang menerima mengalami emosi yang labil.

Identifi kasi merupakan berbagai kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain.

Simpati merupakan suatu proses ketika seseorang tertarik kepada pihak lain.

Empati merupakan proses ikut merasakan sesuatu yang dialami pihak lain.

0 Response to "Rangkuman Materi Bentuk dan Proses Interaksi Sosial"

Posting Komentar