Pengertian dan Macam Media Sosialisasi

Pengertian dan Macam Media Sosialisasi - Media sosialisasi disebut juga sebagai agen sosialisasi (agen of socialization) atau sarana sosialisasi. Media sosialisasi adalah pihak-pihak yang membantu seorang individu menerima nilai-nilai atau tempat di mana seorang individu belajar terhadap segala sesuatu yang menjadikannya lebih dewasa.

Media sosialisasi yang utama dalam kehidupan seseorang, yaitu sebagai berikut.

Keluarga merupakan kelompok sosial yang paling penting pengaruhnya terhadap proses sosialisasi manusia. 

2. Kelompok Bermain Sebagai Media Sosialisasi
Setelah anak dapat berjalan dan berbicara, kemudian mem peroleh agen sosialisasi lain, yaitu kelompok bermain (teman sebaya/reference group). Teman bermain tersebut terdiri atas kerabat dan teman sekolah. Pada saat itu, anak mempelajari berbagai kemampuan baru dan belajar berinteraksi dengan orang sederajat atau sebaya.

Seorang anak sudah mengenal anak-anak tetangganya yang sebaya. Misalnya, terlihat ada sekelompok anak-anak sedang bermain kelereng, layang-layang, atau bermain karet. Teman sebaya juga dikelompokkan berdasarkan kegemaran atau hobi. Misalnya, adanya klub sepak bola, klub pencinta motor besar, atau klub pencinta hewan.

Pengertian dan Macam Media Sosialisasi


3. Sekolah Sebagai Media Sosialisasi
Sekolah merupakan media sosialisasi yang lebih luas dari keluarga. Sekolah memiliki potensi yang pengaruhnya cukup besar dalam pembentukan sikap dan perilaku seorang anak, serta dalam mempersiapkan untuk penguasaaan peran-peran baru di kemudian hari. Robert Dreeben mencatat beberapa hal yang dipelajari anak di sekolah selain membaca, menulis, dan berhitung. Di antaranya, aturan mengenai kemandirian, prestasi, universalisme, dan spesifikasi.

4. Lingkungan Kerja Sebagai Media Sosialisasi
Di dalam lingkungan kerja, individu saling berinteraksi dan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungannya. Seseorang yang bekerja di lingkungan instansi pemerintahan biasanya akan memiliki gaya hidup dan perilaku yang berbeda dengan orang lain yang bekerja di instansi swasta. Demikian pula lingkungan kerja yang lain.

Pengertian dan Macam Media Sosialisasi 2


5. Media Massa Sebagai Media Sosialisasi
Media massa memiliki peranan penting dalam proses pembentukan nilai-nilai dan norma-norma baru kepada masyarakat. Proses sosialisasi melalui media massa memiliki ruang lingkup lebih luas dari media sosialisasi lainnya. Iklan-iklan yang ditayangkan media massa, seperti di televisi, radio, atau koran dapat menyebabkan perubahan pola konsumsi, bahkan gaya hidup individu, atau masyarakat.

0 Response to "Pengertian dan Macam Media Sosialisasi"

Posting Komentar