Rangkuman Materi Interaksi sebagai Proses Sosial


Manusia merupakan makhluk sosial (homo socius) yang selalu membutuhkan manusia lainnya. Fenomena itu berlangsung sejak manusia ada, seperti pada masa pra-aksara. Kamu bersekolah membutuhkan tenaga pendidik, buku-buku pelajaran, peralatan sekolah, serta persyaratan lainnya. Buku-buku pelajaran dan peralatan lainnya merupakan hasil karya manusia. Saat kamu membeli buku di toko, saat itulah terjadi interaksi sosial. Ketika guru menerangkan dan berdiskusi dengan siswa, interaksi sosial pun terjadi. Tahukah kamu apakah interaksi sosial itu?


Rangkuman Materi Interaksi sebagai Proses Sosial



• Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia sebagai anggota masyarakat bukan sebagai individu.

• Kajian sosiologi telah dikembangkan oleh para ahli (sosiolog) sejak abad ke-19 yang dipelopori seorang tokoh Auguste Comte. Bahkan, sejak pada masa Yunani, Aristoteles dan Plato telah melakukan berbagai kajian tentang masyarakat.

• Interaksi sosial memiliki dua syarat pokok, yaitu kontak sosial dan komunikasi. Kontak merupakan hubungan yang terjadi antara orang perorang atau kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun komunikasi dapat diartikan sebagai proses lanjutan dari sebuah kontak sosial yang terjadi di masyarakat.

• Kontak sosial dan komunikasi dapat terjadi di antara orang–perorangan, antara orang dan kelompok atau sebaliknya, serta antara kelompok dan kelompok lainnya.

• Kontak sosial tanpa adanya komunikasi belum dapat dikatakan telah berinteraksi secara sempurna. Akan tetapi, jika keduanya telah terjadi di antara kontak sosial dan komunikasi maka interaksi telah terjadi.

0 Response to "Rangkuman Materi Interaksi sebagai Proses Sosial"

Posting Komentar