Rangkuman Sosialisasi dan Kepribadian



Manusia harus selalu belajar agar dapat mempertahankan hidup. Hal tersebut merupakan bagian dari proses interaksi sosial, seperti telah kamu pelajari pada bab yang lalu. Mulai dari anak-anak sampai dewasa, seorang individu belajar dari lingkungan sekitarnya.

Aktivitas belajar itulah yang dinamakan sosialisasi. Menurut kamu, apa yang disebut dengan sosialisasi? Bagaimana sosialisasi dapat memengaruhi kepribadian seseorang? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kamu jawab setelah mempelajari materi bab ini. Sebelum mempelajari materi, perhatikan terlebih dahulu peta konsep berikut.

Sebelum kamu mempelajari materi sosialisasi dan kepribadian lebih dalam, terlebih dahulu perhatikan peta konsep berikut. Peta konsep akan memberikan gambaran secara umum tentang materi yang akan dipelajari. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memahami pembentukan kepribadian seseorang.

Rangkuman Sosialisasi dan Kepribadian




Ikhtisar
Sosialisasi merupakan sebuah proses seseorang untuk mengenali dirinya, keluarganya, dan lingkungan sekitarnya selama ia hidup.

Proses sosialisasi dapat terjadi melalui berbagai cara, di antaranya melalui cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores), dan adat (custom).

Proses sosialisasi dapat membentuk kepribadian seseorang. Walaupun terdapat anak kembar yang hidup dalam satu keluarga, tidak menjadi penentu mereka memiliki kepribadian yang sama.

Media sosialisasi yang terjadi dalam kehidupan manusia dapat dikelompokkan menjadi lima macam, yaitu keluarga, kelompok bermain, sekolah, lingkungan kerja, dan media massa.

0 Response to "Rangkuman Sosialisasi dan Kepribadian"

Posting Komentar