Keluarga Sebagai Media Sosialisasi

Keluarga Sebagai Media Sosialisasi - Adalah Keluarga merupakan kelompok sosial yang paling penting pengaruhnya terhadap proses sosialisasi manusia. Hal tersebut disebabkan berbagai kondisi yang dimiliki oleh keluarga, di antaranya sebagai berikut.
a. Keluarga merupakan kelompok utama (primer) yang selalu ada di antara anggotanya sehingga dapat selalu mengikuti perkembangan anggota-anggotanya.
b. Orangtua memiliki peran besar untuk mendidik anakanaknya sehingga menimbulkan ikatan emosional yang kuat di antara anggota keluarga.
c. Hubungan sosial yang tetap dan berkesinambungan sehingga dengan sendirinya orangtua memiliki peranan yang penting terhadap proses sosialisasi anak.



Keluarga Sebagai Media Sosialisasi


Proses sosialisasi dalam keluarga dapat dilakukan secara formal maupun informal. Proses sosialisasi formal dijalani melalui proses pendidikan dan pengajaran sedangkan proses sosialisasi informal dijalani melalui proses interaksi yang dila kukan secara tidak sengaja. Ketika seorang anak mendapat nasihat, teguran, bahkan sanjungan dari orang tuanya, saat itulah sosialisasi formal dalam keluarga terjadi. Kemudian, ketika anak tidak sengaja melihat pihak orangtuanya yang secara spontan bersikap ramah, sopan terhadap tamu yang baru dikenalnya. Saat itu juga sebagai sosialisasi informal yang diajarkan orangtua terhadap anaknya dengan cara memberi contoh yang baik.



Keluarga Sebagai Media Sosialisasi 2



Sebelumnya mengenai Sosialisasi Pembentuk Kepribadian ini dapat menambah pengetahuan anda.


Hubungan orangtua dengan anaknya dapat me nentukan proses sosialisasi serta perkembangan kepribadian. Proses tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fels Research Institute. Proses sosialisasi dapat dibedakan menjadi tiga pola, sebagai berikut.
a. Pola menerima-menolak. Pola ini didasarkan atas taraf kemesraan orangtua terhadap anak.
b. Pola memiliki-melepaskan. Pola ini bergerak dari sikap perlindungan orangtua dalam menentukan kegiatan-kegiat an di keluarga.
c. Pola otokrasi berarti orangtua bertindak sebagai diktator terhadap anak, sedangkan dalam pola demokratis, sampai batas-batas tertentu, anak dapat berpartisipasi dalam keputusan-keputusan keluarga.


Sekian mengenai Keluarga Sebagai Media Sosialisasi, semoga ini dapat bermanfaat bagi semua.

0 Response to "Keluarga Sebagai Media Sosialisasi"

Posting Komentar